Laman

Jumat, 05 Oktober 2012

Manfaat Kacang Hijau

Kacang Hijau kaya manfaat
Siapa sih yang tidak kenal kacang hijau? Yups..Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai sumber bahan pangan yang berprotein nabati tinggi.

Di Indonesia, Negara tercinta kita ini kacang hijau menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum (jenis kacang-kacangan), setelah kedelai dan kacang tanah. Selain berprotein tinggi, kacang hijau juga multi fungsi lho, karena bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari kolak, bubur, isi kue, perkedel sampai dibuat kecambah, kacang hijau tetap yummy. Dan yang asyik lagi, ketika dicampur dengan berbagai macam bahan makanan lain, keoriginalan rasa kacang hijau yang khas tidak hilang.

Nah, untuk masalah kandungan gizi, ternyata kacang hijau memiliki segudang manfaat. Di antaranya, mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, karena itulah anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Selain itu, kacang hijau juga merupakan sumber mineral penting, yaitu kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Kacang hijau sangat cocok bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi makanan yang berlemak tinggi, karena  kacang hijau termasuk makanan yang rendah lemak. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau inilah yang menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah basi. Kandungan lemak kacang hijau merupakan asam lemak tak jenuh, secara terperinci Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Memang sih pada umumnya jenis kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang  tinggi. Yang penting untuk diketahui bahwa asupan lemak tak jenuh yang tinggi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Satu lagi manfaat dari Kacang hijau yang tidak boleh dilupakan adalah kacang ini sangat disarankan di konsumsi oleh mereka  para pengantin baru atau yang lagi terapi untuk mendapatkan keturunan. Karena kandungan vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Dan ternyata ini tidak hanya berlaku untuk kacang hijau saja, tetapi juga hasil olahan dari kacang hijau. Jadi makan kecambah kacang hijau juga good for our health.

Nah,setelah tahu segudang manfaat kacang hijau tentunya  mom’s and girls sangat ingin donk masak kacang hijau sendiri dan menyajikannya untuk keluarga tercinta.

Let’s cook and give the best for our lovely family.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar